SMK Negeri 1 Peusangan - Hari Ke Dua Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah


Rabu, 18 Juli 2018, Pelaksanaan Lingkungan Sekolah untuk calon siswa-siswi baru SMK Negeri 1 Peusangan telah memasuki hari kedua. Kegiatan PLS hari kedua ini juga dipusatkan di halaman SMK Negeri 1 Peusangan.

Sesi pertama hari ini adalah pemberian materi mengenai Tata Tertib Sekolah, etika dan sopan santun, serta kedisiplinan yang dibawakan oleh Wakasek Kesiswaan Zainal Abidin. Dalam sesi ini, calon siswa baru dikenalkan tata tertib yang berlaku di sekolah. Hal ini bertujuan agar mereka bisa menjadi siswa yang disiplin, yang merupakan karakter siswa di sekolah. 

Pada hari ke dua ini pula pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah SMK Negeri 1 Peusangan adalah hari dimana diberikannya wawasan nusantara oleh Bapak Kapolsek Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan. Di dalam presentasinya, Bapak Kapolsek menjelaskan mengenai sekilas sejarah bangsa Indonesia, sikap pelajar yang Pancasilais, serta pelajar yang demokratis.


Materi ini tentu sangat erat kaitannya dengan tagline sekolah. Diharapkan, siswa SMK Negeri 1 Peusangan sedini mungkin diberikan bekal mengenai sikap pancasilais sebagai perwujudan bela negara sejak dini.

Setelah usai pengarahan dan materi pengenalan wawasan nusantara oleh Bapak Kapolsek selanjutnya diberikan materi untuk pengenalan pramuka dan dilatihnya baris berbaris bagi siswa-siswi baru oleh Ayah Pembina Pramuka.



Setelah seluruh materi PLS hari kedua diberikan, kegiatan hari ini ditutup dengan dilatihnya baris berbaris yang dipandu oleh kakak kelas alumni paskibraka.

Tujuan dari kegiatan ini sederhana yaitu ingin menerapkan nilai-nilai budaya internal sekolah dan melatih jiwa kepemimpinan setiap siswa baru. Namun entah bagaimana kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menjadi ajang “tatar” yang unik dan kreatif.

0 komentar:

Post a Comment