Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMK Negeri 1 Peusangan

Pemilihan Ketua OSIS SMK Negeri 1 Peusangan
Ketua adalah posisi tertinggi dalam kelompok yang terorganisir seperti OSIS. Orang yang memegang posisi biasanya dipilih atau ditunjuk oleh para anggota kelompok, dalam pemilihan Ketua OSIS di SMK Negeri 1 Peusangan yang menerapkan sistem seperti PEMILU pada umumnya dengan asas LUBER-JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) itu sendiri adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sederajat dan Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) Sederajat. OSIS diurus dan dikelola oleh peserta didik yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS yang memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Pada Sabtu tanggal 29 September 2018 telah berlangsung kegiatan Pemilihan  Ketua OSIS periode 2018/2019 yang diselenggarakan dengan rasa sportivitas yang tinggi sehingga tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan antar pendukung Kandidat. Berikut ini adalah Kandidat yang memperebutkan tanggung jawab sebagai Ketua OSIS : 
  1. Marzuki / Misrina dari kelas : XI AK II dan XI AP.
  2. M. Habil Riansyah / Mellyani dari kelas : XI BSWU dan XI TI.
  3. M. Revi Agueri / Hendra Setiawan dari kelas : XI AK dan X TI 2
  4. Cici Astuti / Azkar dari kelas : X TI 1

Acara dimulai dengan Apel pembukaan (Sabtu,29/09/18) dan Calon Ketua OSIS menyampaiankan Visi dan Misi masing-masing. Pemilihan Ketua OSIS yang dilaksanakan di halaman SMK negeri 1 Peusangan, dengan rapi dan teratur para peserta didik memasuki tempat menunaikan hak suara. Setelah Pemilihan, kegiatan Perhitungan suara yang disaksikan oleh para Pembina dan Ketua Kelas dengan sejujur-jujurnya dan kandidat yang terpilih menjadi Ketua OSIS SMK Negeri 1 Peusangan adalah No. urut 3 yaitu M. Revi Agueri / Hendra Setiawan dari kelas : XI AK dan X TI 2. Diharapkan kepadanya dapat menjadi sosok yang bisa mempin dengan baik dan memliki sikap yang dapat dicontoh kepada seluruh warga SMK Negeri 1 Peusangan.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem PEMILU ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung sehingga kedepannya saat menghadapi PEMILU Kepala daerah maupun Presiden tidak akan canggung lagi, karena memiliki pengalaman saat duduk di sekolah.


0 komentar:

Post a Comment